Jumat, 17 September 2010

ke berastagi..

senangny!!!!!!!!!!!!!!'
bukan krna jalan2 k berastagi,, tp krn perginya berdua aja ama my great daddy..
hohhoho..

padahal,, malamnya aq sempat demam..
tp aq berusaha sehat agar aq bisa pergi ama beliau,, aq gagh akan mw melewatkan kesempatan ini..
lagipula,, bapakku pasti butuh teman. sekarang beliau tinggal sendiri d rumah semenjak adikku msuk asrama. pasti sangat sulit hidup sendiri.
yeah,, karena itu bapakku mengajakku untuk jalan2 ke berastagi..
"kapan lagi bapak menikmati masa tua bapak?"katanya..

lagian,, memandangi indahny panorama alam ciptaan Tuhan memang begitu memuaskan hati..
aq suka alam..
aq suka memandangi hijaunya daun2,, menikmati indahnya bunga2 yang bermekaran dan menengadah utk melihat pohon2 yang tinggi menjulang. jalanan yg berkelok-kelok,, udara yang sejuk,, dan air2 yang segar..
rasanya,, aq tak ingin pergi dr tempat ini..

"enakkan dsini?" tanya bapakku.
"he-eh."
"kek mana kalok tiap minggu qta kemari?"
"serius bapak?"
"iyalah. udah bosan aq memandangi jalan raya yg berdebu itu."
"oke!!!" teriakku.

sepanjang perjalanan,, bapakku banyak bercerita. beliau menunjuk tempat2 rekreasi yang aq belum mengetahui namany.
"nanti qta akan kesana," ucapnya sewaktu menunjuk salah satu tempat wisata yg kami lalui..
yeah,, walaupun hal itu belum tentu benar. setidaknya ada harapanku untuk pergi k tempat itu suatu hari nanti.

"nanti kalok udah nyampe berastagi. qta cari bule ya?"
"buat apa pak?"
"bapak mau lihat kw ngomong inggris ama orang itu. apa bahasa inggrismu udh lancar ato belum."
"oh.."
haha,, aq kira bapakku mw nyari istri bule ato nyari menantu bule..
hhmmpp..

selanjutnya kami melihat posko pengungsian korban2 bencana alam gunung sinabung..
ramai sekali tempat pengungsian itu. padat!!!'

kami tidak melakukan apa2 dsna,, hanya menikmati indahnya alam. aq suka alam,, sangat menyukainya..
seandainya kami punya rumah d berastagi,, psti sangat menyenangkan. ketika aq penat dengan keadaan kota yang panas,, padat dan penuh hiruk-pikuk,, aq bisa melarikan diri ke berastagi yang sejuk. namun sekarang beda,, sptnya global warming mulai terasa dampaknya. aq ingat,, dulu ketika ke berastagi,, aq tak kan pernah menanggalkan jaketku karena di sana dinginnya sangat luarbiasa. namun sekarang,, aq gak pernah pakai jaket lagi. bahkan aq memakai baju lengan pendek. apalagi kalau siang hari,, aq bisa merasa kepanasan. yeah meskipun begitu,, berastagi lebih baik dari pada kota tempat tinggalku,, itu menurutku..

setiap kami berjalan. bapakku selalu mengatakan,, "kita sudah berada d ketinggian sekian kaki."
kami bercerita banyak hal. bapakku banyak bercerita. dan beliau juga ingin mendengar ceritaku.
ketika kami melihat banyak mobil mewah berlalu-lalang,, bapakku selalu berkata ,"nang,, bisanya nanti kw belik mobil kayak gitu?"
"emmmm... bisa,"ujarku penuh keyakinan..
"rumah kayak gitu,, bisa kw belik nanti?"
"bisa," ujarku lagi dengan keyakinan teguh.
"makanya itu,, kw harus banyak belajar. konsentrasi sama kuliahmu. nang,, orang yang berilmu itu selalu dpake dimana-mana. kalok orang pintar itu hidupnya selalu dekat dengan kesuksesan. kalok kw mw yg spt itu,, kw harus rajin belajar."

intinya,, aq harus banyak belajar biyar aq jadi kaya..
hoho..
aq kira itu bukan motivasi yang salah. semua orang berhak kaya. hanya saja perlu kerja keras. apakah aq sudah kerja keras???'

bapakku hebat,, beliau motivator yang handal.
gagh peduli teman2ku berkata ,"ya ampun Ruth. makanya cari pacar,, biyar gagh pergi berdua lagi ama bapakmu k berastagi. tp perginy ama pacarmu."
ato
"kasian kali kw,, say. gak punya pacar,, jadinya pergi k berastagi sama bapak..hahahahhaa."

aq gagh peduli ama perkataan mereka. aq menganggap mereka itu iri padaku.

ternyata,, banyak teman2ku yang segan untuk berbicara pada ayahnya. jika berpapasan dengan ayahnya,, pasti mereka menunduk. atau sebisa mungkin mereka menghindar dr ayahnya.
maka tak heran emakku pernah bilang : "beruntung kali kw punya bapak y! baek kali dy sama kalian. emak jjah gak berani ngomong sama opung dolimu. emak paling takudh sama opung dolimu. apalagi opung dolimu mw gimbal pakek kayu bakar. bapakmu gak pernah gimbal klen."

haha..
bapakku bukan cuman baek sejak emakku gak ada lagi. tapi bapakku emank baek dr dulu. penuh tanggung jawab dan kesabaran. tp,, kalo kami salah,, dy mw omelin kami tanpa sedikit pun kekerasan d dalamny.
pernah emakku bilang, "udah pak,, gimbalin aja."
trus bapakku menjawab," bukan gitu caranya mendidik anak. menghukum anak juga harus yang mendidik."
beughh... kalok emakku,, udah dgimbalinnya ntuh. tp emakku baik jugagh kok. dy punyi hati yang tulus dan lembut layaknya seorang ibu. tapi dy juga bisa ganas layaknya binatang buas jika ada yang berani melawannya. tapi,, seperti halnya singa. sebuas-buasny hewan tsb,, dy tak kan pernah melukai anaknya sendiri.

anyway,, aq beruntung mempunyai orang tua sehebat mereka. dari bapakku,, aq bisa belajar tentang pengorbanan,, tanggung jawab,, kemauan untuk mengalah dan kesabaran. dari emakku,, aq bisa belajar tentang iman yang teguh,, tentang kepecayaannya pada Tuhan,, tentang ketulusan,, tentang kemandirian,, tentang ketabahan,, tentang pengampunan dan tentang ketegasan yang kokoh yang dimiliki emakku.

bapakku selalu bertanya padaku,, "sayangnya kw sama bapak?"
ehmmm... seharusnya bapakku gagh pernah bertanya hal itu kepadaku,, aku sayang dy. tp jangan pernah memaksaku untuk mengatakan "sayang",, karena aq tak kan pernah mengatakannya. aq bukan orang yang gampang mengucapkan kata sayang. bukan juga orang yang gak punya sayang. dua hal yang sangat sulit q ucapkan yaitu : "aq sayang kw" dan "aq butuh kw."

bapakku d best..
dy sangat memperhatikan aq dan anak2nya yg lain. dy slalu ingin tw dmn aq berada. dan selalu cemas jika aq telat pulang. dy takkan beranjak dr pinggir jalan sblum melihat aq turun angkot dan pulang k rumah.
dy slalu mengatakan ,"berapa pun umurmu. kw tetap jadi anak kecil bapak jika kw belum menikah. kalau kw sudah menikah kelak,, kw sudah jadi tanggung jawab suamimu. dan dsitulah bapak melepaskan tanggung jawab bapak."

bapakku adalah seorang ayah yang luarbiasa..
bapakku adalah seorang anak yang berbakti pada orangtua,, walaupun sudah menikah,, dy gagh pernah lupa untuk mengurus orangtuanya.
bapakku adalah seorang suami yang setia dan penuh dengan tanggung jawab.
bapakku adalah seorang menantu yang baik.

y Tuhan,, semoga kelak aq mendapatkan suami seperti bapakku.. aq tak menginginkan suami yang tampan atau mapan. yang jelas,, dy hebat spt bapakku. amin.
^_~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar