Selasa, 23 Juni 2009

GLOBAL WARMING (berawal dari ujian semester.............)


ujian terakhir ntuh kemaren,,,

matakuliah biologi umum,, "SASTRA-nya" nak MIPA nue....

gimana gak,, tiap aku ngikuti nue punya ujian,, pikiranku selalu melayang ke awang2 (ceile....)

yeah,, mengarang bebas tentunya.... alnya... biology is all about our environment...straight???

dan aku bisa ngembangin ide2 "cemerlangku"..... (eits,, jgn langsung positive thinking,, aku takkan bisa menyelesaikan masalah2 bumi mu nue,, aku hanya bisa ngeluarin sedikit saran dari otak sedikit ku nue yg jarang bgt aku pake,,,)

ehm,, masalah global warming kale yee,,, nue masalah mang gak da abis2 na,, mulai dari illegal logging,, deforestation,,ozone depletion,,acid rain,,and etc.

and ujung2 na,, pasti berdampak pada apa yg disebut GLOBAL WARMING... yeah...

saran dari aku seh,, kita sama2 menjaga bumi,, gak muluk2 deh,, gian aku gak nyuruh kamu pade tuk nanam po'on di hutan gundul,, (ku juga gak bisa berbuat apa2,, cuman sa doa aje... hehehe...^_^)

ehm,, nue serius,, oke...

the first,, jgn membakar sampah pd malam hari ato pada saat gak da matahari...bakarlah sampah pada siang hari ato pada saat matahari terik,,, because what??? pd siang hari,, tumbuh2an memerlukan CO2 ,, sewaktu kita membakar sampah,, sedikit banyaknya akn menghasilkan CO2,, zat itu akn diserap oleh tumbuh2an..kebayangkan saat kamu bakar sampah malam hari,, dan tumbuh2an gak nyerap ntu zat,, so zat ntu akn akan mengumpul di angkasa,, jika semakin banyak,, akn menyebabkan apa yg disebut OZONE DEPLETION..hiii.. (ntu menurut pendapat aku,, lok da kesalahan,,mohon diperbaiki,,)

the second,, mengurangi penggunaan bahan plastik,, yeah..pasti kalian gak bisa terlepas dari jenis bahan yg satu nue (same with me...) tapi,, mulai sekarang,, kita harus bisa katakan tidak untuk Plastik,, sekedar informasi.. di luar negeri.. udah di sosialisasikan utk tidak menggunakan plastik,, kita dapat mencontoh mereka kan??? demi kebaikan kita juga kan?? that's why..setiap teman2 sekalian yg ingin berbelanja.. minta kertas sebagai pembungkusnya.. kek kertas semen yg warna coklat ntu loh ato kertas koran juga bisa,, selain utk mengurangi dampak GW.. sekalian menghemat juga kan?? pa lagi buat mereka yg punya usaha dagang...pake kertas koran ja bapak2..ibu2...

the third,,,menanam po'on... gak usah cari hutan gundul buat ditanemin dech,, cukup pekarangan rumah kita ja,, and jgn cuma nanem doang,, dirawat juga ye... kebayangkan jika setiap anggota rumah lainnya melakukan hal yg sama seperti yg kita lakukan,, GW pasti minder and ngibrit ke planet VENUS yg lebih panas ntu,, katanya :"gak lagi-lagi dech maen ke bumi.. penduduknya,, cinta bumi bgt...." (hehehe.....)

finally,, jgn coba2 menggunakan kendaraan yg gak bebas dari emisi,, mending jln kaki ato naek sepeda,, pa lagi buat kamu2 yg anak sekolahan and kuliahan and pekerja,, selain hemat,, juga baik untuk kesehatan jantung,, (now gi rentan2 bgt serangan jantung kan??? )

okeh,,actually msh byk bgt yg kita dapat lakukan untuk menjaga bumi kita nue supaya tetep ramah ma kita2,, gak lucu kan kalo besok2 kita jadi manusia akar,, hanya gara2 kanker kulit yg sebagian kecil emang karna kesalahan kita...(not funny but horrible,, hii....)...

semoga dapat menjadi berkat dan pertimbangan teman2 sekalian....^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar