Minggu, 27 Februari 2011

suka duka hadapi bersama...

tiga minggu tanpa air mengalir ke kamar mandi menyiratkan banyak kisah haru, lucu, dan kekompakan yang menyenangkan.
di awali dengan rabu pagi, teman satu rumahku ngirim sms k aq, "woiii... meteran kita dicurik maling.. gak ada air!!!"
sontak aku berlari ke kamar mandi untuk mandi. untung saja masih ada air buat mandi, soalnya aku ada kelas jam 8 pagi.

sementara temanku yang lain pada asyik nampung air. ternyata mereka semua masuk siang.
pulang dari ngampus, aku mendapati air yang msh belum mengalir k kamar mandi. kata pemilik rumah kost2an kami, kejadian itu sudah dilaporkan kepada pihak PDAM, hanya saja kami harus bersabar sebab meteran air itu akan dipasang paling cepat dua minggu lagi..
hufffttt...

setiap hari kami pun mengangkat air, mengisi bak dan ember2 sampai penuh. yang lebih parahnya, kami mencuci dipekarangan rumah, di dekat saluran air yang meterannya hilang itulah kami menampung air. pokoknya harus tahan malu lah kami. untungnya kami semua adalah perempuan2 yang tangguh dan gak mengkek (manja). hohoho...

"woiii!!! enak ya! kita punya sungai. nang, hati2! ntar kain mu hanyut," teriakku...
"iya, awas ada buaya nang!!!" sahut temanku yang lain.
dan kami tertawa gelak. tak ada yang mengeluh, seorang pun tidak.
^_^

semua orang yang lewat pada tertawa geli ngeliatin kami yang kayak orang kampung asli kali yang gak biasa nyuci di kamar mandi.
"apa klen!!! gak pernah liat orang nyuci piring ya!!!" celotehku pada tiga laki2 gak penting yang tertawa cekikikan ketika melihat aku nyuci piring..
"mantaP!" kata mereka..

tapi ada sisi positifnya juga sih. aku harus bangun subuh2 untuk mengangkat air dan mandi jam 6 pagi. sebab bakal banyak orang yang mandi, dan aku tak mau mengantri. kami punya dua kamar mandi, satu di bawah dan satu lagi d lantai atas rumah kami. hanya kamar mandi lantai dasar saja yang kami gunakan. hhmmpp... siapa sih yang sanggup tiap hari ngangkatin air ke lantai atas?'

selama dua minggu aku banyak belajar mengenai betapa pentingnya air dan betapa borosnya aku selama ini menghabiskan air secara tak karu-karuan. dengan sulitnya mendapatkan air, aku belajar mandi dengan seember air kecil..
huahuahua..
:-D

akhirnya, setelah dua minggu lebih, pihak PDAM datang dan memasang meteran air kami. kami pun senang, akhirnya kami bisa hidup normal lagi. namun ow ow.... masalah baru muncul, ada masalah dengan pompa air kami. kali ini, kami benar2 akan mati. saluran air tempat kami biasa nampung air telah terpasang meteran. alhasil kami sudah tidak punya sumber tampungan air lagi. huffftt..

siang itu, aku pergi ke kampus tanpa mandi. hanya membasuh tubuh dengan handuk kecil yang telah dibasahi air segayung. untung kagak ada orang yang tahu lok aku belum mandi.

sorenya, ketika aku pulang kuliah. aku menemui pemilik rumah kost2an kami.
"pak tua, gimana kabar air kami? sama sekali gak bisa nampung air loh pak tua. tadi siang aku ke kampus kagak mandi. malam ini juga kagak mandi. hahahahahha," ucapku sambil tertawa.
"kok ketawa kamu?" kata paktua pemilik kost2an dengan wajah miris..
"jadi kek mana lagi pak tua?' aku harus nangis?' mana mau aq, bagusan aku ketawak2 aja. hehe.."
"iya juga ya. hebat klen semua."
"iyalah pak tua, kami kan wanita tangguh,"ucapku sombong.

malam itu, aku tak tahu harus mandi kemana. yang jelas, aku harus memuaskan hasratku untuk mandi. gilak, sejarahnya aku gak pernah kagak mandi yang merangkap kek gini. walaupun aku kagak mandi pagi, paling tdk sorenya aku harus sudah mandi.

semua orang sibuk numpang mandi ke rumah ato kost2n temennya..
aku pun nge-sms temen q yang kostny lumayan deket denganku. kebetulan kamar mandinya ada di dalam kamar, jadi tak perlu ngantri2 lagi ma temennya yg lain..
"wq,, aq n seorg tmnku numpang mandi di kost mu ya..."
lalu d balasnya..
"gilak ko wq.. bla bla bla..."
intinya dy kagak ngasi izin. yg lbh malunya, temanku pulak yg pertama baca sms s kawan. malu lah aq jadinya, apalgi balasan sms ny spt itu.

akhirnya, kami numpang mandi d rumah tetangga. terakhir, kami punya nantulang. hohoho...
"kita ni mandi lawak2 y kan nang,"kata temanku ketika kami sedang mandi,

kamar mandi nantulang itu lucu. gak pakek atap. dan kami telanjang di bawah sinar bulan dan bintang. hohoho..
ngambil air pun harus nimba, dan timbanya pun gak pakek katrol. air yang ditimba dimasukin dalam ember besar yang berisi pasir, batu kerikil, dan ijuk2 yang biasa dijadikan sapu rumah, untuk menyaring air agar air yang kami pakai buat mandi tidak keruh lagi..
wow... keren!!!'

"seru kali y nang!!!" teriakku..
"y nang. mantaf kali kita nih. hahaha..."

malamnya, kira2 jam sebelas, aku dan teman sekamarku menampung air dari kamar mandi pak tua buat mandi esok pagi. dan kami pun mengangkatnya ke lantai atas. wow!!!'
esok paginya, saat aku sedang mandi. ku dengar temanku mengeluh, katanya, ada yang mengambil air nya dua ember. padahal dia mau pigi ngampus..
"jun, bagi air mu lah, aku mau mandi, ada kuliah kami."
"air ku pun kurang buatku."
ahh.. aq tak tega dengarnya. aku tak mau temanku itu mengalami nasib sama sptku, pergi kuliah tanpa mandi.
aku pun menyisihkan setengah ember buatnya untuk mandi. padahal aku sendiri masih kurang. tapi tak apalah, aku lebih senang berbagi dari kekuranganku.. hehehe..
"nang, itu ada air d kamar mandi. pakek lah..."
"air ku juga, ambillah sedikit," ucap temanku yang lain..
kami salinga berbagi, walaupun sempat ada sedikit perang dingin karena rebutan air. namun semuanya itu dapat dinetralisir. kami saling berbagi, susah dan senang sama2. yang jelas, kami wanita yang tangguh, gak manja, gak cengeng n gak gampang mengeluh.
cayyyoooo anak2 kost wiro sableng!!!!!'
wkwkwkwkkwkwkkwkwkwkwkk...

"kek mana ya kalok kita berpisah kelak. pasti kita tangis2an," kata seorang temanku..
huaaaaaaaaaaa..... semuany menjerit histeris...
"membayangkan ny aja udah sedih loh, nang," kata temanku yang lain..

ya, aq sadar. ikatan batin yang kuat dan rasa ingin terus bersama akan terjalin erat saat kita melewati kesusahan dengannya. ketimbang ketika kita hanya melewati senang saja..

PEREMPUAN2 TANGGUH ADA DI SINI, ANAK2 KOST WIRO SABLENG!!!'
ho ho ho...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar