Senin, 07 Juni 2010

..MENGAJAK ANAK CINTA BUKU SEDINI MUNGKIN ..

MENGAJAK ANAK CINTA BUKU SEDINI MUNGKIN

Tapi akan sia-sia mengarahkan anak mencintai buku dan menyukai membaca kalau orangtuanya sepanjang hari hanya memelototi televisi, tak pernah terlihat oleh anak kalau orangtuanya membaca. Sebab, tanpa kita sadari, orangtua merupakan tokoh idola anak. Sebagaimana seoarng yang kita idolakan, pasti semaksimal mungkin kita akan meniru semua kebiasaannya.

Whahahhaaa.. berhubung karna kelak aku jugagh akan menjadi orang tua, dan tentunya ingin menjadi yang baik buat anak2ku supaya ntar anak2ku bakal menjadi yang terbaik.

Oke, siapa sih yang tidak menginginkan anaknya kelak menjadi orang pintar? Sebab orang pintar selalu dekat dengan yang namanya kesuksesan. Tapi tak mungkin anak yang pandai, malas ngelakuin aktivitas membaca. Sebab dgn membaca buku, anak bisa mentransfer nilai2 yang belum diketahui dari orang yang lebih tua.

Remember, buku adalah sumber ilmu. Buku adalah jendela dunia. Slogan tersebut tak perlu dragukan. Melalui bukulah segala macam informasi bs dperoleh. Makin sering seseorang mencintai buku dalam arti menikmatinya dengan kegiatan membaca pastilah ia memiliki ilmu yang luas, cakrawala yg jauh dan wawasan yg pjg. Ia jg akan arif melihat perbedaan dan bijak dalam memndang persoalan.

Trus, gimana membuat anak mencintai buku dan betah membaca?’

Minat anak membaca buku harus dmulai sejak dini. Kegemaran membaca buku gak bs hadir gitu aja tanpa adany pembentukan situasi dan kondisi bagi anak. Lingkungan rumah sgt berpengaruh dalam memunculkan minat baca pd anak. Maka, orangtua sejak dini berperan sangat penting dlm membentuk lingkungan yang mengundang minat membaca pd anak.

Yupz,, krn aq orang yang baik budi bahasanya..

Hhheee..

Aq akan membagi beberapa tahap dalam membaca yang nantinya dapat membantu anda dalam proses pengajaran membaca kpd anak sebelum dy gemar membaca. Jangan tunggu guru dsekolahnya yang akan mengajari dy, sebab anda sendiri tahu bahwa guru ny ntar bukan hanya menghadapi anak anda saja. Tapi ada puluhan anak yang bakal dy hadapi. Dan proses pengajaran yang anda harapkan pun tidak berjalan secara optimal. Untuk itu, jangan mempercayakan sepenuhnya kesuksesan belajar anak anda kpd sekolah. Sekali2 anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk mengajari anak anda. Selain dpt membuat anak anda pintar, hubungan anda dan anak anda pun terjalin dgn sangat akrab. Bukan begitu?’ ^_^

  • TEORY TENTANG MEMBACA

Untuk anak dmulai dgn memperkenalkan huruf2. Kemudian stlah huruf, barulah mulai merangkaikan hruf mjadi kata2, akhirnya anak bs memahami suatu kalimat secara menyeluruh.

Berikut ini adl komponen dlm m’baca :


Pertamanya PENGENALAN KATA2, penekanannya pd pengenalan persamaan antara apa yang diucapkan dan apa yg ditulis sbg symbol, istilahnya decoding.


Selanjutnya PENGERTIAN, selain mengenali symbol dan dpt mengucapkan, dlm membaca yg terpenting adl , mengerti apa yg dbaca.


Lalu REAKSI, dharapkan ada reaksi terhadap apa yg dbaca. Dlm arti stimulus membaca juga ada respon dr apa yg dbaca.


Yang terakhir PENGGABUNGAN, asimilasi ide2 yg dharapkan dr mereka dgn pengalaman si pembaca dmasa lalu.


Saat yg paling tepat utk belajar m’baca adl saat anak duduk dbangku TK. Pd umur2 segini, rasa ingin tahu anak berkembang shingga anak sering melontarkan pertanyaan. Aq masih ingat, wktu aq msh kecil, aq sering mengganggu emakku memasak dgn ptnyaan2ku. Mengapa ada siang-malam?’ mngapa ada hujan?’ mngapa ada petir?’ mngapa ada ulat dlm buah mangga? Mengapa ada cacing dlm perutku sementara dperut emak ada adek bayi?’ mengapa langit itu biru?’ mengapa air laut juga biru?’ knp bapak tidurny ngorok?’ knp nenek2 giginy ompong?’ knp tiap pagi ad embun?’ dan knp aq gagh bs blg “R” kayak teman2 aq?’


Emakku langsung marah. “cerewet kali kau Ruth. Duduk sana yg tenang, mak lagi masak. Sekali lagi kw banyak ptanyaan, mak suruh kw tidur siang,” bentak emakku.


Akhirnya aq diam saja. Tak mau btnya lagi sebab aq tak suka tidur siang. Dulu aq tagh mngerti knp mak marah2 wktu aq banyak bertanya. Skrg aq tahu, itu krna mak gagh tahu mw jawab apa. Kasihan emak punya anak yg labil macam aku.


Yeah, aq tak mw spt itu. Aq bakal marah kalau ntar anakku tak byk btnya sma aq. Skrg kan udh system internet. Kalo kgagh tahu jwbanny search jjah via google. Hhhheee…


Paling2 ptnyaan anakku gagh jauh2 dr ptnyaanku wktu kanak2 dulu.


Cuman gmn ngejelasinnya ya kalok ntar anak aq nanyain : “bunda, knp adek bs ad dlm perut bunda?”

Whahahahahhahahaaahaa…. Itu mah gampang!!!!!!!!!!!! :-D


KIAT UNTUK MEMBUAT ANAK MENCINTAI BUKU


  1. Membangun imajinasi anak melalui dongeng

Sblum anak bs mbaca, daya imajinasi anak bs dbangun melalui kgiatan mdongeng. Dengan mdongeng, anak terstimulasi rasa ingin tahuny. Tips : saat mdongeng sbaikny ayah/bundany bs menunjuk gmbar utk memudahkan anak memahami cerita dan berimajinasi.

Kebiasaan ini akan membangun pikiran anak bahwa buku merupakan pusat dongeng yg bisa membawanya bermain-main dlm dunia imajinasi sekaligus mengembangkan, rasa keingintahuannya.


2. Menyesuaikan buku dengan usia anak

Saat mengenalkan buku pada si kecil, sesuaikan isi buku dgn tahapan usia dan kemampuan bacanya. Untuk anak yg blum memiliki kmampuan membaca, pilihkan buku cerita dgn gmbar yg besar dan menarik, yg pnuh wrna-wrni berserta teks yg juga besar dan singkat.


3. Memilih buku dengan kover yang menarik

Yeah,, klo yg satu nueh pasti udh tahu alasanny. Tak usah kujelasin lagi la ya.


4. Memilih buku yang sesuai dengan trend yang sedang berlangsung


Dengan mengikuti trend, anak akan lebih bsemangat utk mbaca buku. Misalnya kalau saat ini sdg trend sponge bob dan dora, orgtua sbaiknya mbelikan buku tsb. Dgn bgitu anak mrasa tdk ktinggalan zaman saat temanny mbicarakan crita tsb.


5. Sesuaikan buku dgn minat anak


Anak yg memiliki hobby bmain mobil2an, misalny, akan mnikmati mbaca buku2 yg bgambar dan bhubungan dgn dunia mobil. Komik yg mceritakan tokoh dgn mobil ksayangannya akan sgt mnarik minatnya.


6. Pendampingan saat membaca buku


Tidak selamany seorg anak mampu memahami sbuah teks. Dgn adanya dampingan orgtua pd saat anak mbaca, akan mudah mbantu anak dalam memahami teks tsb. Jgn sampai anak jera mbaca hanya krn merasa kesulitan memahami teks.


7. Mengajak anak bertamasya ke perpustakaan atau ke toko buku


Whahahhahahhahahhahaaa… ini nih salah satu program kerja aq ketika aq kelak punya anak..hhee..

Liburan ngajak anak ke toko buku dan mbebaskan mereka memilih buku apa aja yg mereka sukain selama dlm batas kewajaran..

Ehmmm,, bukan kegh aq wktu kecil,, kalok liburan d ajak ke ladang,, sampek2 kakiku luka2 kenak duri sawit..

Yeahhhhh,, tagh apa sih,, menyenangkan jugagh.. hhhiiiiiiiiiiii..


yg jelas,, aq bakal ngelakuin hal yg t'hebat buat anak2ku agar kelak anak2ku mjadi orang hebat..

whahahahahahahhahahahahahhhaaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar